Wednesday 2 August 2017

Tahi Cicak Hukum Forex


Oleh. Mahmud Martapura Apakah tahi cicak itu najis mafu atau gairu mafu walawpun msh blm sempurna skali pembahasannya, tp mdh2n ini bisa membuka wawasan kalian agar bs lbh menambah ilmu, dan jg menambah ilmu kalian dsini ,, mari kt saling berbagi dalam bahtsul masa-il ini, Aku jg mhn tambahan ilmu dr kalian raudhah jilid 1 halaman 16:: 1548 1548. :. 1548 1548 1548 1548 1548 1548 1548 1548. : 1548 1548 1548 1548. 1548:. Fahaman yg ku tangkap dr ibarat raudhah ini semua hewan, sm ada hewan ternak yg bisa di makan atau tdk bisa di makan, itu semuanya najis tujuan pembahasan kt dsini adalah tahi cicak, maka dengan memaham ibarat diatas, tahi cicak sdh pasti di hukumkan Najis:. 1548. . - -1567. :. Fahaman yg ku tangkap dr ibarat ini: mazhab ashab syafii thobqat yg ke 2, imam abu said isthokhri dan qadhi mazhab syafi imam ruyani, imam malik dan imam ahmad, katakan bhw tahi dan kencing dr hewan yg bisa di makan dagingnya, itu tdk najis adapun Yg sdh di ketahui dr mazhab syafii tetap menghukumkan najis, spt tahi ayam, itik, kambing, sapi dst, dan jumhur ulama brpendapat bhw kenajisan kotoran hewan yg bisa di makan itu memang dr rasulullah lgsg, 1548 1548 1548 1548 1548 1548. :. Dan pd tahi, kencing dan darah ikan dan belalang, dan tahi dr binatang yg tdk punya darah yg mengalir, itu ada 2 pendapat, dan qaul paling ashoh bilang itu najis muqabil ashah, yaitu qaul shohih, katakan itu tdk najis hubunganx ke cicak adalah Majmu jilid 1 halaman 129:: dalam ktb majmu ini dkatakan bhw jumhur ulama mengatakan cicak itu dr jenis binatang yg tdk mengalir darahnya, wlwpn msh ada perdebatan Dr beberapa ulama bhw cicak itu binatang yg mengalir darahnya, letak darahnya dkepalanya, jika mengikut qaul jumhur, bhw cicak itu dr jenis binatang yg tdk mengalir darahnya, maka di hukumkan lah sesuai yg di ktb raudhah di atas bhw tahi dan kencing cicak is tdk najis Atas qaul muqabil ashah, kan di atas qaul ashohnya tetap dkatakan najis wlwpn dr ikan, belalang dan binatang yg darahnya tdk mengalir tuhfah ha Halaman 81 jilid 1 dalam tuhfah pun ibnu hajar kata cicak di kategorikan binatang tdk mengalir darahnya, dralian beberapa ktb di atas, hasil lah beberapa masalah pd cicak: 1 - cicak dr jenis binatang yg tdk mengalir darahnya 2 - cicak dr jenis binatang yg tdk Boleh di makan dengan ini bisa di fhm, bhw kotoran cicak tetap najis pd kedua hasil ini, wlwpn pd qaul muqabil ashah kotoran cicak bkn najis, krn di kategorikan kebinatang tdk mengalir darah, dan di qiyaskan dengan ikan dan belalang lalu apakah tahi cicak tetap di Hukumkan najis gairu mafu atau mafu kan td di atas, cicak dsamakan dengan hukum ikan dan belalang, mari menuju ke arah ke tiga Minhajul qawim jilid 1 halaman 15 1548 1611 2 3 4 Umdatus salik halaman 41 1548 1548 1548 1548 Iqna halaman 90 jilid 1 ( ) Aku terjerat dr fhman dsni, dia2 membahas mslh darah dr binatang yg darahnya tdk m Engalir itu di maafkan sm ada sdkt atau bnyak, dan tertuju pd mslh nyamuk, kutu, pampijit, dan lalat adapun mslh cicak dsinggung hanya pd mslh apbl ada bangkai cicak di udara dbwh 2 qullah tdk menajiskan udara itu, di pembahasan ke 4 akan lbh jelas Asnal mathalib jilid 1 halaman 170 (:) 1548 dan dalam minhajul qawim jilid 1 halaman 113 16111548 jg dalam tuhfah jilid 2 halaman 120 1548 dia menyinggung mslh kotoran burung, dan kotoran burung ini di maafkan saja kalau ia mau sholat dsekitarnya itu, krn susahnya menghindar Dr kotoran2 itu, krn saking bnyakx kotoranx, iniudo pd masjidil haram atau masjid2 yg tdk ada atapnya yg mudah dlalui burung diatasnya, jadi tdk bs lg di hindari jika burung di atas beli kotoranx, di maafkan kotoran burung ini dengan syarat kotoranx tdk menyangkut badan Nya atau tdk ia injak lalu nempel di kaki, dan kotorannya kering, tdk basah, kalau basah maka tdk di maafkan, di qiyask A lbh aula dr kotoran burung, yaitu kotoran cicak, krn dr segi badan lbh besar burung, dan kotoranx lbh blepotan dr kotoran cicak, maka dengan ini di hukumkan bhw: kotoran cicak adalah najis yg di maafkan pd tempat ia smbhyg dengan syarat 1- tdk Basah 2 - tdk ditempel dibadan wkt sholat 3 - tdk nempel dpakaianx wkt sholat dan di maafkan ini hanya pd tempat, bkn pd badan dan pakaian, jd sm ada banyak atau sdkt jika tahi cicak itu kering, maka trmsk najis yg mafu tp jika tahi cacak Itu basah, maka gairu mafu sm ada sdkt apalg bnyak, sm ada dtmpt ia smbhyg, aplg di badan dan pakaianx di dalam ranting fathul muin jilid 1 halaman 84 spt dalam ianah tholibin 1. 2. Hukum mslh kotoran burung di atas adalah dhoif karna cicak kan lbh ringan dr kotoran burung, dan mslh kotoran burung ini tdk jd qaid, bs di qiyaskan ke kotoran lain yg umul balwa dan susah menghindarinya, cumanya kotoran cicak ini mudah menghindarinya tp umumul balwa, Keputusan dr kuliahku tentang kotoran cicak adalah 1 - cicak termk najis mafu jika kering sm ada sdkt atau bnyk jika di tmpt peribadahan tdk terbawa dalam pakaianx dan badanx 2- kotoran cicak trmsk najis gairu mafu jika basah, sm ada sdkt aplg bnyak, 1-adakah tahi cicak najis, ada ustaz Membeitau sy tahi cicak yg kering tidak najis apa yang basah adalah najis, betul ke pendapat ni 2-bagaimana pual najis burung merpati yg kebisaannya banyak ada di masjid cnth masjid umawi dan masjid al-azhar 1 dan 2 di atas termasuk umum al-balwa Perkara2 yg sulit dielakkan), maka ia dimaafkan syara. Meski ia najis, tapi kerana dia sesuatu yang sulit dielakkan (umum al-balwa) maka ia termasuk najis2 yg dimaafkan. Semua empat madzhab dalam hal ini. (Ref: Fiqh Islami wa Adillatuh karya Dr Prof Ustaz Wahbah azZuhaly, Syria, Jld 1) WA jikalau kita terpijak maka ia tidak masuk wudhuk ke terpijak najispara termasuk dalam perkara2 penyelesaian wudhu. (AlWajiz fi fiqhis sunnah wal kitabil aziz, Sheikh Abdul Azhim Badawi alKhalafi) Diposting oleh aizuddin di 8:37 PM 4 komentar: salam. kalau lepas solat lalu menyedari ada tahi cicak macam mana pulak Solat itu sah kerana tak disedari. Tahi cicak bukan merupakan najis berat. Solat itu sah kerana tidak menyedari. Kalau menyedarinya dari awal wajib basuh ke tahi cicak tu sila baca n fahami penerangan yg mula..insya-allah, terjawab kemusykilan anda sudah menjadi kewajipan bagi setiap muslimin untuk memiliki fikrah islam. Justeru itu setiap muslim dan muslimat perlu kembali pada sumber aslinyaituitu al-Quran dan sunnah Rasulullah salallahu alaihi wassalam. Misi kami merupakan memurnikan ajaran Islam dari pencemaran aqidah-aqidah yang menyimpang, pencemaran ayat-ayat al-Quran dari takwilan dan unsur Israir, pencemaran al-Sunnah dari hadis-hadis lemah dan palsu, juga pemurnian hukum-hukum fiqih, akhlak dan sistem nilai . Ini dinamakan tasyfiyah al-fikriyah. Kemudian di atas pemurnian lahir Islam itu dilancarkan pula proses pembinaan (tarbiyah) generasi baru muslim. Imam al-Muhaddith al-Albani adalah pencetus manhaj tasyfiyah dan tarbiyah salafiyah ini.

No comments:

Post a Comment